Seleksi Masuk Mandiri USU 2018 Diikuti 8.080 Peserta

Print

MEDAN – HUMAS USU : Seleksi Masuk Mandiri (SMM) USU tahun 2018 telah dilaksanakan pada Minggu, 15 Juli 2018, dari pukul 07.30 WIB hingga 14.30 WIB. Seleksi ini diikuti oleh 8.080 orang pendaftar, yang terdiri atas 4.089 orang dari kategori Saintek, 2.841 orang dari Soshum dan 1.150 orang dari Campuran. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 6.558 orang.

Demikian disampaikan Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, di depan sejumlah wartawan dalam temu pers yang berlangsung di Kantor Sekretariat Panitia Seleksi Masuk Mandiri (SMM) USU 2018.

Mandiri 3Untuk daya tampung SMM 2018, USU telah menyediakan 1.963 bangku kosong yang terdiri atas 1.015 di kategori Saintek dan 948 di kategori Soshum. Daya tampung ini meningkat sebesar 23 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 1.522.  

Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan Seleksi Masuk Mandiri pada tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2018 peminat tertinggi masih dipegang oleh fakultas-fakultas favorit yang ada di USU. Untuk Saintek, peminat terbanyak ada pada Fakultas Kedokteran, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu agribisnis. Sementara pada kategori Soshum dipegang oleh Fakultas Hukum, Manajemen dan Ilmu Administrasi Negara.

Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Seleksi Masuk Mandiri 2018, USU melibatkan 840 orang pengawas, yang terdiri atas dosen, tenaga kependidikan PNS dan non PNS. Adapun lokasi ujian berada di Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas ILKOM-TI, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas ISIP, Fakultas Psikologi, Fakultas Kehutanan, Fakultas Keperawatan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hasil dari Seleksi Masuk Mandiri akan diumumkan pada tanggal 22 Juli 2018. Sementara pendaftaran ulang dilaksanakan pada tanggal 6-8 Agustus 2018.

Mandiri 1Selanjutnya, Rektor juga mengatakan, bahwa bagi para peserta yang belum berhasil lulus dari jalur Mandiri, USU masih membuka kesempatan untuk mendaftar pada seleksi penerimaan mahasiswa program diploma (SPMPD), yang sudah dibuka dari tanggal 3-31 Juli 2018. Seleksi SPMPD akan dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2018. Untuk program D3, USU menyediakan daya tampung sebanyak 1.050. Kuliah pertama mahasiswa baru USU tahun ajaran 2018/2019 akan dimulai pada tanggal 3 September 2018.

Dari peninjauan lapangan yang dilakukan oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, didampingi Warek 1 Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Warek 2 Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), Warek 3 Drs Mahyuddin K M Nasution, M.I.T, Ph D, Warek 4 Prof Dr Ir Bustami Syam, M.S.M.E, Warek 5 Ir Luhut Sihombing, M P, Sekretaris Universitas Dr dr Farhat, M Ked (O.R.L-H.N.S), Sp T.H.T-K.L (K.) dan Kahumas Elvi Sumanti, ST, M Hum, seluruh tahapan proses pelaksanaan ujian berlangsung dengan lancar dan tertib. Rektor USU pun menyempatkan diri berdialog sejenak dengan para peserta sebelum mereka memulai ujian. Lokasi ujian yang ditinjau adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Hukum.

Mandiri 2Menurut Rektor, hasil dari wawancara yang dilakukan pada beberapa orang peserta, soal ujian yang dihadapi para peserta berada pada tingkat kesulitan sedang.

Dalam pelaksanaan ujian kali ini terdapat salah seorang peserta yang terpaksa melaksanakan ujian di ruang panitia, disebabkan kondisinya yang tengah mengalami cedera patah kaki dan berada di atas kursi roda. Peserta yang bersangkutan berhasil menyelesaikan ujiannya, meski dengan menahan rasa sakit di kakinya. (Humas)