USU Tuan Rumah Rakernas Kemenristekdikti 2018

Print

MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 16-17 Januari 2018, bertempat di Medan. Rakernas yang merupakan agenda tahunan Kemenristekdikti tersebut akan diikuti oleh tidak kurang dari 300 orang peserta yang terdiri atas unsur pimpinan perguruan tinggi negeri, politeknik dan kopertis berasal dari seluruh Indonesia. Dijadwalkan Rakernas akan dihadiri langsung oleh Meristekdikti, Prof Drs H Muhammad Nasir, MSi, Ak, PhD, CA.

Rakernas 2Terkait hal itu, Tim Kemenristekdikti menggelar rapat persiapan dengan seluruh unsur pimpinan, kepala biro dan unit-unit kerja yang ada di lingkungan USU, bertempat di Ruang Senat Akademik, lantai III Biro Pusat Administrasi (BPA), Jum’at (5/1). Rapat dibuka oleh Wakil Rektor II USU, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis, MKed(OG), Sp OG(K). Tim Kemenristekdikti yang hadir terdiri atas Kepala Biro Keuangan dan Umum, Moh Wiwin D, SE, Kepala Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sri Setiawati, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan, Wisnu Sardjono Soenarso, Kepala Pusat Data dan Informasi, Andika Fajar, Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Ani Nurdiani Azizah, Kepala Biro Kerjasama dan Komuikasi Publik, Nada Darmiyanti Marsudi, Kepala Rumah Tangga dan BMN, R Jatmiko Pancoyo H, Kepala Bagian Perbendaharaan dan PNBP, Joko Santosa, Kepala Sub Bagian Rumah Tangga, Manifes Zubayr, Staf Kerjasama dan Komunikasi Publik, Boni Agusta dan Irfan Fratika Harijanto.

Dalam sambutannya, Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis, MKed(OG), Sp OG(K) mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim Kemenristekdikti yang hadir dalam kesempatan itu. Ia juga mengatakan bahwa penunjukkan USU sebagai tuan rumah Rakernas Kemenristekdikti 2019 adalah sebuah kehormatan yang harus dipertanggungjawabkan dengan melakukan mempersiapkan seluruh detil pelaksanaan kegiatan dengan baik dan matang.

“Kalau ditilik dari jadwal Rakernas yang telah ditetapkan, waktu yang diperlukan untuk mempersiapkannya terhitung cukup singkat. Namun dengan seluruh pengalaman yang dimiliki, kita yakin bahwa USU akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para peserta dan terselenggaranya seluruh kegiatan hingga akhir. Tentunya juga dengan tidak mengabaikan dukungan dari perguruan tinggi negeri yang ada di Medan lainnya,” kata Prof Fidel.

Kepala Biro Keuangan dan Umum, Moh Wiwin D, SE, dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa pada tahun ini pelaksanaan Rakernas dipercepat pelaksanaannya dari agenda rutin sebelumnya yang digelar pada minggu ketiga Januari. Dengan jumlah peserta yang cukup banyak, diharapkan seluruh persiapan dapat dilakukan dengan baik. Pemilihan tempat, pengadaan transportasi dan akomodasi, penentuan menu makanan, ketersediaan fasilitas ibadah dan keamanan harus ditangani dengan cermat dan detil. Jumlah panitia juga harus mampu mendukung seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk mensukseskan acara.

Rakernas 1Sementara itu, Kepala Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sri Setiawati, saat memaparkan jadwal kegiatan (rundown) mengatakan bahwa pada hari pertama akan diadakan welcome dinner yang akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara, Ir H T Erry Nuradi, MSi.

Sri juga mengingatkan kepada panitia lokal untuk mengantisipasi kehadiran para peserta yang ingin bertemu dengan  Menteri untuk menyampaikan aspirasi mereka, agar tidak terjadi hal-hal yang mengganggu jalannya Rakernas.

Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Ani Nurdiani Azizah, mengatakan bahwa selama kegiatan berlangsung akan digelar live streaming yang membutuhkan keterampilan dan kemampuan dari para teknisi untuk menghindari terjadinya kemacetan ataupun gangguan siaran. Secara khusus ia berharap agar pemberitaan ihwal Rakernas ini dapat memenuhi ekspektasi yang telah ditargetkan serta menghadirkan berita-berita yang positif bagi perkembangan dunia pendidikan di Indonesia.   (Humas USU)