USU Terima 2.288 Mahasiswa Baru Dari Jalur SNMPTN

Print

MEDAN–HUMAS: Universitas Sumatera Utara menerima 2.288 mahasiswa baru S1 dari total 38.647 pendaftar SNMPTN 2018. Hasil tersebut diumumkan, Selasa (17/4) melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id atau http://snmptn.usu.ac.id.

Adapun informasi registrasi atau daftar ulang mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN 2018, dapat dilihat secara online di laman http://penerimaan.usu.ac.id dengan mengisikan no peserta SNMPTN.

Pada tahun ini, USU menerima mahasiswa baru melalui beberapa jalur penerimaan yaitu SNMPTN, SBMPTN (periode pendaftaran s/d 27 April 2018) , Mandiri, Internasional dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD).

Calon mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara yang diterima melalui SNMPTN tahun 2018 wajib mengisi UKT online dan hadir pada saat pelaporan sesuai tahapan kegiatan sebagai berikut :

Pengisian data dan pembayaran UKT dapat dilakukan sebagai berikut :

1. Pengisian data UKT dilakukan secara online pada web http://uktdatareg.usu.ac.id 
    Tanggal : 25 April s/d 07 Mei 2018
2. Pengiriman berkas UKT Via Pos pada tanggal 05 s/d 14 Mei 2018 dengan melampirkan :   

  1. Slip Gaji atau keterangan penghasilan bulan terakhir pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  2. Asli Surat Keterangan dari Kepala Sekolah asal calon mahasiswa bersekolah, 1 (satu) lembar
  3. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  4. Fotocopy Kartu Keluarga pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  5. Fotocopy NPWP pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  6. Fotocopy bukti pembayaran PBB tahun terakhir alamat tinggal pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  7. Fotocopy bukti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun terakhir kendaraan bermotor pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  8. Fotocopy tagihan rekening listrik bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  9. Fotocopy tagihan rekening air bulan terakhir tempat tinggal pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  10. Fotocopy SPT Orang Pribadi dan atau Badan tahun terakhir pihak yang membiayai, 1 (satu) lembar
  11. Cetak foto rumah tempat tinggal tampak depan, 1 (satu) lembar. Tampak No. Rumah atau No. RT/RW atau identitas lainnya yang membuktikan keberadaan rumah tersebut.

usuBerkas kelengkapan tersebut dapat dimasukkan ke dalam amplop dan di sudut amplop bagian kanan atas wajib dituliskan Nama Siswa, No Ujian dan Tulisan ‘Berkas UKT’. Kemudian berkas dapat dikirimkan melalui pos ke alamat di bawah ini :

Biro Akademik Universitas Sumatera Utara
Gedung Biro Pusat Administasi Universitas Sumatera Utara Lantai II
Jalan dr. T. Mansur No. 9 Kampus USU Medan 20155

Berkas UKT dapat juga diserahkan pada saat kegiatan Pelaporan Mahasiswa Baru pada 8 Mei 2018 (jadwal dan tempat disesuaikan).

3. Pencetakan Billing Statement dapat didownload dari http://uktdatareg.usu.ac.id pada tanggal 21 Mei 2018
4. Pembayaran UKT dilakukan pada 21 s/d 31 Mei 2018

Pembayaran UKT dapat melalui bank yang tertera pada billing statement, yaitu Bank BNI (Bank Negara Indonesia), Bank Mandiri, Bank SUMUT, dan BTN (Bank Tabungan Negara). Calon mahasiswa baru USU diwajibkan mengunduh (download) file formulir Data Perhitungan Nilai UKT Mahasiswa Angkatan Tahun 2018 Jalur SNMPTN (FORM-01 dan FORM-02) dari situs resmi Universitas Sumatera Utara http://uktdatareg.usu.ac.idmenggunakan fasilitas akses internet. Formulir data perhitungan tersebut dicetak (print) pada kertas A4. Sementara itu, FORM-01 dan FORM-02 diisi sesuai data mahasiswa, orang tua atau pihak lain yang membiayai kuliah mahasiswa bersangkutan. Sebelum dilakukan pengisian data, baca dengan cermat petunjuk pengisian FORM-01 dan FORM-02 terlebih dahulu.

Yang juga perlu diperhatikan oleh para mahasiswa adalah :

  • Mengisi terlebih dahulu FORM-01 dan FORM-02 secara lengkap dan benar dan berkonsultasi dengan orang tua atau pihak lain yang membiayai uang kuliah sebelum mengakses http://uktdatareg.usu.ac.id. Apabila data yang diisikan ternyata tidak benar/memanipulasi data, maka diberikan sanksi dengan membayar UKT penuh dan atau dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru.
  • Apabila melakukan restart ulang pengisian data, calon mahasiswa dan orang tua/pihak lain yang membiayai wajib datang ke bagian Verifikasi UKT ke Bagian Keuangan-Biro Keuangan USU dengan membawa data pendukung/bukti fisik lengkap.
  • Apabila mengalami kesulitan dalam proses pengisian formulir data, silahkan menghubungi bagian Helpdesk UKT di nomor 0813-6396-7632, 0822-7246-9619 hanya pada tanggal 25 April s/d 07 Mei 2018, pukul 09.00 – 15.00 WIB.
  • Pembayaran UKT dilakukan sebelum Pra Registrasi secara Online dan Pemeriksaan Kesehatan.
  • UKT yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Jadwal pelaporan bagi para mahasiswa yakni :

  1. Saintek (FK, FP, FT, FKG, FMIPA, FKM, FF, F.Kep dan Fasilkom-TI)
    Hari/Tanggal : Selasa, 08 Mei 2018
    Pukul : 09.00 s/d 11.00 WIB
    Tempat : Gelanggang Mahasiswa USU
    Jl. Universitas Kampus USU Medan
  2. Soshum (FH, FEB, FIB, FISIP dan F.Psikologi)
    Hari/Tanggal : Selasa, 08 Mei 2018
    Pukul : 10.00 s/d 12.00 WIB
    Tempat : Gedung Pendopo USU
    Jl. Universitas Kampus USU Medan

Peserta harus datang sendiri dan tidak boleh diwakilkan, berpakaian rapi (tidak dibenarkan memakai kaos oblong, sandal/selop, topi dan cadar) dengan membawa:

  1. Kartu Peserta SNMPTN Tahun 2018 Asli
  2. Ijazah Asli atau Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN), Apabila Ijazah Asli dan SHUN belum keluar, calon mahasiswa harus membawa Surat Keterangan Lulus yang diterbitkan oleh sekolah asal (dilengkapi dengan pasfoto terbaru ukuran 3 x4 cm)
  3. Surat ganti nama bagi yang pernah ganti nama
  4. Fotocopy KTS, Surat Keterangan Penghasilan Orangtua, Fotocopy Kartu Keluarga dan Rekening Listrik.

Untuk peserta Bidik Misi, terdapat tambahan kelengkapan administrasi yang harus dibawa oleh calon mahasiswa, yakni ; 
1. Fotocopy Kartu Tanda Siswa (KTS) sebagai Bukti Siswa Aktif
2. Surat Keterangan tentang peringkat siswa di Kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademik yang disahkan oleh Kepala Sekolah,
3. Surat Keterangan Penghasilan Orangtua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Instansi tempat orang tua bekerja,
4. Fotocopy Kartu Keluarga
5. Fotocopy Rekening/Token Listrik bulan terakhir, dan bukti pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) dari Orangtua/Wali
6. Foto rumah dari Depan, samping kanan dan kiri.
7. Wawancara 
    1. Soshum : Rabu, 09 Mei 2018 Pukul 08.00 s/d 16.00 Wib
    2. Saintek : Jum’at, 11 Mei 2018 Pukul 08.00 s/d 16.00 Wib
    Bertempat di Gedung Pusdiklat LPPM Jl.Dr. Mansur No.64B (Samping Bank Mandiri).

Bagi para calon mahasiswa juga kembali diingatkan bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang telah disetor tidak dapat ditarik kembali. Sementara calon mahasiswa yang diterima melalui Jalur SNMPTN Tahun 2018 yang terlambat melakukan pelaporan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, maka kelulusannya dapat dibatalkan. (Humas)