Tim Reformasi Birokrasi Universitas Mulawarman Kunjungi USU

Print

MEDAN - HUMAS USU: Tim Reformasi Birokrasi Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, Kalimantan Timur,  melakukan kunjungan ke USU dalam rangka studi banding Implementasi Reformasi Birokrasi, Senin (16/4). Tim dari UNMUL yang hadir pada kesempatan tersebut antara lain; Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan, Dr Abdunnur, M Si, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Drs Rizali Irawan, Msi, MPd,  Sekretaris LP3M, Dr Ir Hamdi Mayulu, Msi, dan para staf.

Hadir membuka acara, Wakil Rektor III USU, Drs Mahyuddin K M Nasution, MIT, Ph D. Dihadiri pula oleh Ketua Tim Reformasi Birokrasi USU, Dr Muriyanto Amin, S Sos M Si, Sekretaris Tim Reformasi Birokrasi USU, Ikhsan, ST M Eng, Kepala Pusat Sistem Informasi USU, Muhammad Anggia Muchtar, ST, M MIT serta staf ahli Rektor USU, Fadli, SE, M Si serta para staf PSI.

Mulawarman 3Dalam sambutannya Wakil Rektor III menyampaikan, birokrasi dalam sebuah lembaga sangat vital. Karena birokrasi yang baik akan berdampak pada mutu lembaga dan pada akhirnya akan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada stake holders. Wakil Rektor III menambahkan, bahwa dalam mendukung penguatan reformasi birokrasi, USU telah membentuk Unit Pelayanan Terpadu (ULT), yang bertujuan memberikan layanan secara cepat dan pasti sebagai pintu masuk awal yang terbagi berdasarkan kriteria kebutuhan tertentu.

Sementara itu, Dr Abdunnur, Msi, menyampaikan, Unmul dalam kunjungannya ke USU,  salah satu agendanya adalah meninjau dan mempelajari sistem Unit Layanan Terpadu di USU agar bisa menjadi bahan dalam membentuk unit serupa di Unmul sebagai bagian dari penguatan reformasi Birokrasi. UNMUL sendiri sejak 2015 telah terakreditasi A dengan fokus pada meningkatkan mutu pelayanan, yang salah satu unsur terpentingnya adalah ULT itu sendiri. Selain itu ditambahkannya, UNMUL yang saat ini berstatus PTN BLU tengah berjuang untuk dapat mengejar beberapa aspek yang belum terpenuhi untuk mencapai status PTN BH.

“Kerjasama ini diharapkan dapat terus berlanjut dan kunjungan balasan USU ke UNMUL akan selalu dinantikan,” kata Dr Abdunnur.

Mulawarman 2Unit Layanan Terpadu USU

USU adalah universitas yang sebagian atau seluruh tugas dan fungsinya melaksanakan kegiatan pelayanan publik. Mulai dari tugas pokok utama pelaksanaan tridharma perguruan tinggi sampai pada penyelenggaraan pelayanan administratif yang disediakan kepada seluruh pengguna dan masyarakat. Perolehan akreditasi A serta bagian dari PTN-BH memberikan konsekuensi dan komitmen USU untuk memberikan pelayanan yang lebih unggul di semua bidang pelayanan kepada pengguna dan masyarakat.

Dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 Tahun 2016 tentang Pelayanan Publik di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, memberikan semangat, komitmen, dan kewajiban bagi USU untuk memberikan pelayanan prima yang berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan penerima layanan, yakni dengan membentuk sebuah unit layanan terpadu. Unit ini mempunyai tugas dalam pelaksanaan pelayanan publik yang meliputi pelaksanaan pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, pengawasan internal, penyuluhan kepada masyarakat, dan pelaksanaan konsultasi.

Ketua Tim ULT USU, Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si menyampaikan, bahwa pelayanan terbaik adalah sebuah penghormatan yang tinggi kepada pengguna dan masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab atas amanah yang diberikan kepada Universitas Sumatera Utara. ULT merupakan produk tercepat dari proses reformasi birokrasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem yang telah dibentuk miniaturnya di Pusat Sistem Informasi USU ini sendiri direncanakan akan launching pada 15 Mei 2018 mendatang.

Mulawarman 1Sementara itu, Sekretaris Tim ULT USU, Ikhsan, ST M Eng, beserta Kepala PSI USU, Muhammad Anggia Muchtar, ST MMIT dalam kesempatan yang sama juga mempresentasikan alur sistem kerja ULT USU.

Saat ini tim tengah merekrut tenaga baru untuk menjadi front officer di ULT setelah sebelumnya akan menjalani proses magang di setiap biro di bawah bimbingan staf Biro Kantor Pusat Administrasi USU yang bertugas sebagai mentor.

Apresiasi dan kepercayaan terhadap penggunaan layanan ini merupakan salah satu instrumen untuk melakukan evaluasi  terhadap kelemahan dalam pelaksanaan pelayanan dan penjaminan mutu pendidikan USU. Hal ini diperlukan sebagai salah satu langkah percepatan dalam pencapaian visi USU Menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

Acara diakhiri dengan foto bersama dan saling bertukar cenderamata serta diserahkannya buku Peta Jalan Reformasi Birokasi USU oleh WR III USU dan Dekan FISIP USU kepada Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan Unmul. (Humas)