Gubsu Apresiasi USU Tuan Rumah Rakernas 2018

MEDAN – HUMAS USU :  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kemenristekdikti 2018 yang digelar selama dua hari, 16-17 Januari 2018, merupakan sebuah momentum yang diharapkan mampu memberikan dorongan dan masukan bagi Kemenristekdikti dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 pada berbagai hal. Baik secara kelembagaan, bidang study, kurikulum, sumber daya serta pengembangan cyber university, risbang dan inovasi. Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi, M Si, dalam sambutannya pada Rakernas Kemenristekdikti, bertempat di Gelanggang Mahasiswa USU, Rabu (17/1) pagi.

Gubsu 1Menurut Gubsu, diangkatnya tema “Ristek Dikti di Era Revolusi Industri 4.0” dalam Rakernas kali ini merupakan upaya Kemenristekdi untuk melakukan respon terhadap isu strategis, di mana digitalisasi menjadi kunci yang mempengaruhi segala aktivitas ekonomi yang ada. Dengan demikian perlu dilakukan pembahasan untuk menyiapkan langkah-langkah penting dalam pengembangan iptek dan pendidikan tinggi.

Lebih lanjut dikatakannya, keberadaan perguruan tinggi antara lain berfungsi untuk mendorong civitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing dan kooperatif melalui pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan serta menerapkan nilai-nilai humaniora.

Gubsu 3“Adanya revolusi industri 4.o ini harus disikapi dengan cepat dan responsif. Perguruan tinggi bertugas untuk mengkaji secara periodik segala capaian dan target-target yang ingin dicapai, diselaraskan dengan perkembangan teknologi yang kian pesat,” kata Gubsu.

Pada kesempatan yang  sama, ia juga mengapresiasi atas ditunjuknya USU sebagai tuan rumah Rakernas Kemenristekdikti 2018. Gubsu berharap, para peserta Rakernas mendapatkan banyak kenangan manis selama berada di Kota Medan dan tak melewatkan kunjungan ke berbagai destinasi obyek wisata serta menikmati sajian kuliner khas yang ada.

Gubsu 2“Kami berharap kenangan manis yang didapatkan para peserta Rakernas selama berada di Kota Medan, dapat menumbuhkan keinginan untuk kembali berkunjung pada kesempatan-kesempatan mendatang,” kata Gubsu. (Humas)