Asesor AIPT Lakukan Penilaian Terhadap USU

MEDAN – HUMAS USU/USER : Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini tengah menjalani prose penilaian Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 19 - 20 Februari 2018. Rektor USU, Prof Dr Runtung, SH, MHum, secara resmi membuka kegiatan bertempat di ruang IMT-GT Gedung Biro Pusat Akademik Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (19/2).

Benhard 4Adapun tim  asesor yang melakukan visitasi yakni,  yaitu Prof Dr Marwan Asri, MBA, dari (UGM), Prof  Dr Ir Mohammad Nasikin, M.Eng dari (UI), Prof Dr Elly Wahyudin, M.Sc, dari (UNHAS), Prof Dr Ir Berhard Sitohang (ITB),  Prof Dr Ir Tineke Mandang, M.S (IPB), Dr Ngadiso, M.Pd (UNS) dan Prof Achmad Jainuri, MA., Ph.D (UMS).

Dalam kata sambutannya, Rektor USU menegaskan kembali pentingnya akreditasi sebagai motivasi bagi seluruh pengajar  dalam menghasilkan lulusan berkualitas serta memenangkan persaingan dalam tataran dunia global. Seluruh civitas akademika USU berharap agar hasil dari kegiatan ini mampu menghasilkan akreditasi tertinggi bagi USU.

Benhard 3"Salah satu visi dari Universitas Sumatera Utara adalah menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademi sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan, sehingga mampu bersaing dalan tataran dunia global,  diharapkan mampu tercapai dengan adanya kegiatan akreditasi ini," harap Rektor.

Pada kesempatan itu, Rektor menyematkan kain tradisional ulos kepada tim asesor BAN PT.  Setelah acara pembukaan tim assesor mengulas dan memberi penilaian terhadap 7 standar yang telah disusun oleh tim akreditasi APT USU, melakukan wawancara dengan mahasiswa,  alumni, dosen,  tenaga kependidikan,  serta pengguna lulusan.  Selain itu juga dilakukan kunjungan ke fakuktas,  serta unit-unit di bawah universitas.

Benhard 1Akreditasi perguruan tinggi merupakan pengakuan atas keberadaan suatu lembaga pendidikan yang menjamin standar minimal kelulusan dan memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya. Akreditasi dikeluarkan oleh BAN-PT, sebagai satu-satunya badan akreditasi yang diakui oleh Pemerintah, yang bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan.

Benhard 2Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Muda Mahkamah Agung RI, Dr H Supandi, SH, M Hum, anggota DPR RI, Nurdin Tampubolon, Ketua dan Sekretaris MWA USU, para Wakil Rektor dan unsur pimpinan universitas serta fakultas, jajaran staf ahli, Ketua IKA USU, Kepala LIDA, dll. (Humas USU/USER)