USU Tuan Rumah Seminar POKJANAS TOI ke-54

Medan-Humas USU: Universitas Sumatera Utara selaku tuan rumah sukses menggelar Seminar Nasional Kelompok Kerja Tanaman Obat Indonesia  (POKJANAS-TOI) ke-54 yang berlangsung atas kerjasama Fakultas Farmasi USU dengan Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Ristek-Dikti, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Pojaknas 3Acara yang bertemakan “Penggalian, Pelestarian, Pemanfaatan Berkelanjutan Tumbuhan Obat Indonesia, Kajian Tumbuhan Imperata Cylindrica (alang-alang) dan Zanthoxylum sp (andaliman) dan Subtema “Pemanfaatan Potensi Tumbuhan Obat Sumatera Utara sebagai Kandidat Obat Hipertensi” ini berlangsung selama dua hari, 26 s/d 27 April bertempat di Hotel Polonia Medan.

Hadir membuka acara, Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, yang dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia dan pihak-pihak yang telah memberikan sumbangsih pemikiran, waktu serta kesungguhan untuk kesuksesan acara ilmiah yang juga turut mengharumkan nama Universitas Sumatera Utara.

Pojaknas 4Rektor USU menambahkan, bahwa dengan keanekaragam hayati Indonesia yang luar biasa, alang-alang dan andaliman yang banyak ketersediannya ini merupakan bagian dari modal berharga Indonesia dalam bidang riset Farmakologi yang strategis perannya dalam pembangunan bangsa dengan mendorong pembangunan nasional di bidang farmasi.

Di akhir kata sambutan, Rektor USU menyampaikan bahwa cara yang sinergis dengan pembangunan bidang unggulan kompetitif TALENTA USU ini dapat berlangsung dengan riset-riset yang produktif dan melahirkan solusi dalam menjawab persoalan yang meliputi proses-proses produksi obat sehingga dapat dirasakan manfaatnya secara luas oleh masyarakat. 

Pojaknas 5Dekan Fakultas Farmasi USU, Dr Dra Masfria, MS, Apt, dalam sambutannya menyampaikan, suatu kehomatan bagi Fakultas Farmasi USU terpilih menggelar acara yang diselenggarakan secara rutin dua kali dalam setahun secara bergiliran ini. Ia menambahkan, bahwa para peneliti harus selalu memotovasi diri dan dapat mengambil manfaat seluas-luasnya melalui acara ini dengan berbagi ilmu pengetahuand an membangun jaringan dengan peneliti lainnya, khususnya dalam bidang tanaman obat Indonesia.

Acara yang diketuai oleh Dr Drs Panal Sitorus MSi Apt ini turut dihadiri oleh Sukanya Dejadisai, PhD, peneliti dari Songkla University Thailand sebagai pembicara, yang mengetengahkan materi dengan judul “Production of herbal medicine: from research to market”.

Pojaknas 2

Adapun pembicara lain dalam acara ini adalah:

  • Dr Eng. Hotmatua Daulay dari Kemnristek Dikti (Kebijakan penguatan riset di Perguruan Tinggi terkait tanaman obat)
  • Dr. Jansen Silalahi, MApp Sc Apt (Andaliman sebagai antikanker)
  • Urip Harahap Apt (alang-alang sebegai antihipertensi)
  • Alwi Thamrin Nasution SpPD KGH (perkembangan terbaru pengobatan hipertensi)
  • Dr. Amri Amir SpF(K) DFM SH SpAK (keamanan dan efektifitas obat sintetik dan obat herbal dalam menangani hipertensi)
  • Dr. Suwidjiyo Pramono Apt DEA (review tanaman seledri)
  • Benedicta Lamria Siregar MP dan Dr Drs Panal Sitorus serta Denny Satria MSi Apt (Pengenalan tumbuhan andaliman dan alang-alang)

Dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Farmasi USU menyerahkan secara simbolis kepada Rektor USU, Jurnal Farmasi berjudul “Indonesian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research”. (Humas)