Rektor USU Lepas 1.118 Peserta KKN USU 2018

Ditayangkan: 17 Juli 2018

MEDAN – HUMAS USU : Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, melepas 1.118 mahasiswa USU yang menjadi peserta KKN PPM USU 2018, Senin (16/7), bertempat di pelataran parkir Biro Pusat Administrasi USU. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor III Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, Kabid Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Utara, Anthoni, S Sos, Kepala Cabang Asuransi Bumi  Putera Syariah, Zamzami, Amd, Ketua dan Sekretaris LPM USU, Pengelola KKN-PPM USU, para Dosen Pendamping Lapangan, Ka Biro Akademik dan jajaran serta Ka Biro Kemahasiswaan dan jajaran.

KKN PPM 2Dalam sambutannya, Ketua Panitia KKN PPM USU 2018 Drs Eddy Sumarno, M Hum, menyampaikan bahwa para peserta KKN pada tahun ini berasal dari 9 fakultas yang ada di USU, yakni Fakultas Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Kedokteran Gigi, MIPA, Ilmu Budaya, ISIP, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, dan Psikologi. Pelaksanaan KKN-PPM 2018 akan berlangsung selama 35 hari, yakni dari tanggal 16 Juli hingga 28 Agustus 2018.

Adapun lokasi KKN tersebar pada 16 lokasi, yakni dua lokasi di luar Provinsi Sumatera Utara (Lampung dan Simeuleu-Aceh) dan 14 di kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara (Langkat, Serdang Bedagai, Tebingtinggi, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Simalungun, Pematangsiantar, Samosir, Dairi, Toba Samosir dan Humbang Hasundutan).

KKN PPM 4Para peserta KKN tersebut terdiri atas peserta KKN Reguler, KKN Pulau Terluar, KKN Tematik BKKBN, KKN Tematik PU/PR dan KKN Kebangsaan/Bersama. Untuk KKN Pulau Terluar berlokasi di Pulau Nias dan Pulau Simeuleu dan KKN Kebangsaan yang berlokasi di Lampung. Para peserta KKN USU 2018 akan diberangkatkan pada tanggal 22 Juli 2018 mendatang.

Kegiatan-kegiatan KKN mencakup sosialisasi (1 Maret 2018), pembekalan (30 Juni–14 Juli 2018),  pemberangkatan (16-24 Juli 2018), monitoring evaluasi (30 Juli-12 Agustus 2018) dan penarikan (21-28 Agustus 2018). Selama pelaksanaan kegiatan, KKN PPM USU melibatkan beberapa mitra yang mendukung lancarnya keberlangsungan seluruh tahapan, di antaranya Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Dirjen Cipta Karya Kemen-PUPR, BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Asuransi Bumi Putera Syariah, Universitas Lampung, Kabupaten Simeuleu Provinsi Aceh dan 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara.

KKN PPM 5Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, MHum, dalam kesempatan tersebut mengingatkan agar para peserta KKN dapat beradaptasi dengan baik dan pandai membawa diri, jangan bersikap sok pintar selama berada di lokasi KKN. Ia juga mendoakan agar seluruh kegiatan KKN yang dijalani para mahasiswa dapat berjalan dengan lancar dan seluruh mahasiswa peserta KKN selalu dalam keadaan sehat.

Menurut Rektor, setiap tahunnya di USU terjadi peningkatan jumlah peserta KKN. Pelaksanaan KKN juga senantiasa dievaluasi setiap tahunnya dan diadakan peningkatan anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan.

KKN PPM 1Dalam sambutannya, Rektor menceritakan beberapa kisah perjalanan KKN yang dilaluinya sebagai mahasiswa Fakultas Hukum USU, pada bulan Mei hingga Juli 1979, bertempat di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.(Humas)