Rektor USU Melepas 46 Calon Haji dan Hajjah USU 2019

MEDAN-HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara, Prof Dr H Runtung Sitepu, SH, M Hum, menyampaikan rasa terima kasihnya atas prestasi yang telah diraih USU hingga saat ini, yang tak bisa dilepaskan dari kerja keras bersama-sama seluruh civitas akademika USU. Mulai dari para dekan, dosen serta seluruh tenaga kependidikan di lingkungan USU. Rektor juga memberikan apresiasi kepada para Wakil Rektor yang telah memberikan kontribusi sangat baik untuk memajukan Universitas Sumatera Utara sejalan dengan visi dan misi universitas. Rektor menargetkan bahwa dengan kerja keras, misi selanjutnya dalam rencana pengembangan 2019-2021 akan menuju menuju kesuksesan yang diharapkan.

Haji 2019 b

Haji 2019 bHal tersebut disampaikan Rektor dalam sambutannya pada acara Halal Bihalal Keluarga besar Universitas Sumatera Utara (USU) dan Pelepasan 46 Calon Haji dan Hajjah USU, bertempat di Gedung Auditorium USU, jalan Almamater Kampus USU Medan, Senin (24/6).

 

Haji 2019 c

Rektor USU, Prof Dr.H. Runtung Sitepu, SH, M Hum, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan, bahwa halal bihalal yang digelar pada kesempatan tersebut merupakan salah satu moment terbaik untuk memperkuat silaturahmi antar keluarga besar USU. Terlebih dalam bulan Syawal adalah saat yang baik untuk sama-sama memohon maaf atas segala perbuatan maupun kata-kata yang tak sengaja menyakiti, baik dalam konteks profesional kerja, maupun komunikasi lainnya.

 

Haji 2019 e

Haji 2019 cPada kesempatan tersebut, Rektor juga mengimbau agar tidak ada lagi kecurigaan-kecurigaan yang tak penting di dalam interaksi dan komunikasi antar keluarga besar USU. Sudah saatnya semua pihak menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dan bergandeng tangan dalam membangun USU menjadi maju berkompeten pada khususnya dan Sumatera Utara pada umumnya.

Haji 2019 eRektor juga menegaskan bahwa USU akan lebih berhati-hati ke depannya dalam menyiapkan langkah-langkah investasi yang telah direncanakan, maupun menyikapi hal-hal aneh yang tersangkut-paut dengan pencitraan USU. Juga untuk memajukan visi-misi bersama USU di masa akan datang.

Haji 2019 gTerkait dengan Pelepasan Calon Haji/Hajjah USU 2019, Rektor berharap agar seluruh jamaah yang berangkat menunaikan ibadah haji pada tahun ini dapat beribadah dengan lancar dan kembali dengan selamat ke tanah air. Ia juga mengingatkan agar selama berada di tanah suci, para jamaah dapat senantiasa tulus dan ikhlas dalam menjalani seluruh rangkaian ibadah. Ia juga menganjurkan agar mengedepankan prasangka baik dan kesucian tulus saat di tanah suci.

Turut menyampaikan kata sambutan mewakili para calon haji/hajjah USU 2019, salah seorang dosen dari Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Dr Ir Rahmanta, M Si. Antara lain ia menyampaikan ucapan terima kasih atas doa yang diberikan oleh seluruh civitas akademika USU dan para dosen maupun rektor pada seluruh calon haji/hajjah USU 2019. Doa tersebut diyakini akan sangat membantu untuk kelancaran ibadah di tanah suci nantinya.

Haji 2019 d

Sementara itu, Al Ustad Hasbi Al-Mawardi Lubis, S Ag, dalam sesi tausiahnya memaparkan kembali definisi halal bihalal, baik secara etimologis maupun beberapa perdebatan ulama maupun para pakar AL-Quran dan Hadits yang mewarnainya. Al Ustad Hasbi menegaskan bahwa Ramadhan yang berkualitas sejatinya hanya diraih oleh kaum Muslim yang benar-benar mampu memanfaatkan waktu di bulan suci untuk beribadah dengan baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah SAW.

Haji 2019 g

Haji 2019 fMenurutnya, bulan Ramadhan semestinya bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk menahan diri dari hawa nafsu yang buruk. Bukan malah dijadikan sebagai waktu untuk pelampiasan syahwat dan selera. Namun sayangnya, tidak sedikit masyarakat yang justru terjebak dalam perilaku berlebih-lebihan saat menjalani Ramadhan.

Haji 2019 hIa juga mengingatkan bahwa acara Halal Bihalal selayaknya digunakan untuk saling memberi dan meminta maaf, mengakrabkan, dan menyatukan semangat untuk dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Tujuan perayaan halal bihalal itu dengan pikiran yang lebih positif. Yakni meluruskan kembali kesalahpahaman dalam hubungan antar sesama manusia, secara individu maupun kelompok-kelompok.

Sebagai penutup kegiatan, pada acara tersebut Rektor memberikan cenderamata kepada seluruh calon haji/hajjah USU 2019, diikuti ramah-tamah dengan seluruh civitas akademika yang hadir. (Humas/Lyd)