USU Gelar Konferensi Internasional Kearsipan 20-22 April Mendatang

MEDAN-HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) akan menggelar Congress and Internasional Conference on Archives, Social Science, Humanities and Education (ICoASHE) 2018 bertajuk Reform and Harmonization of Institutional Archives of Higher Education in the Information Technology. Konferensi direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 April 2018, bertempat di Emerald Garden International Hotel Medan dan dilanjutkan pada tanggal 22 April 2018 di Niagara Lake Toba Hotel 7 Resort Parapat. Demikian disampaikan Kepala Kantor Arsip USU, Himma Dewiyana, ST, M Hum, melalui siaran persnya.

Konferensi direncanakan akan dibuka oleh Menteri Ristekdikti, Prof H Mohamad Nasir, Ph D, Ak. Turut menyampaikan kata sambutan, Wali Kota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S, M Si, Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, Kepala Kantor Arsip Nasional, Dr Mustari Irawan, MPA dan Ketua Umum Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi, Prof Dr Nandang AD, SH, M Hum.

Tampil sebagai keynote speaker adalah Prof dr Charles Jeurgens dari Universiteit Van Amsterdam, Netherlands, Putu Laxman Pendit, Ph D, dari Royal Melbourne Institute of Technology University Australia, Dr Shashi Jayakumar, Chairman of The National Archieves Advisory Committe Singapore, Dato’ Azemi Abdul Aziz, Director General National Archieves of Malaysia, Ir Anon Mirmani, SS, MIM-Arc/Rec, Chairman of The University Archieves of Indonesia dan Dr A Ridwan Siregar, M Lib dari USU.

Untuk pembicara tamu akan tampil Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, Rektor UGM, Prof Ir Panut Mulyono, M Eng, D Eng, Rektor UI, Prof Dr Ir Muhammad Anis, M Met, Rektor ITB, Prof Dr Ir Kadarsah Suryadi, DEA, Rektor Unpad, Prof Dr med Tri Hanggono Achmad, dr, dan Rektor Undip, Prof Dr Yos Johan Utama, SH, M Hum.

ICAcHSE

Adapun tema paper ilmiah yang diterima oleh panitia adalah ;

  1. Archivist profession in the future
  2. Development of archives knowledge in information technology
  3. University archives
  4. Archives information system
  5. Archives preservation

Adapun maksud dan tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini antara lain untuk mewujudkan manajemen kearsipan perguruan tinggi yang sesuai dengan norma, standar, peraturan dan kriteria secara bertahap dan berkesinambungan menuju ideal, serta makin meningkatnya kerjasama antar institusi di antaranya melalui Asosiasi Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi yang bersifat mandiri, profesional dan bermanfaat dalam menunjang kinerja perguruan tinggi sebagai salah satu simpul pengelola arsip dan kinerja lembaga kearsipan di Indonesia.

Selain itu, juga untuk pemutakhiran ilmu kearsipan, pendidikan, sosial, dan humaniora, peningkatan dan pengembangan SDM kearsipan untuk masa yang akan datang, memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kearsipan.

Konferensi juga menjadi wadah pertemuan dan pertukaran informasi antar arsiparis perguruan tinggi, sebagai sarana sosialisasi dan identifikasi tingkat pemahaman arsiparis terhadap kearsipan serta membentuk loyalitas dan “sense of belonging” yang kuat. Dimungkinkan pula sebagai sarana kerjasama dalam mewujudkan perguruan tinggi sebagai salah satu simpul pengelolaan arsip yang sesuai dengan norma, standar, peraturan dan kriteria.

Untuk yang berminat menjadi peserta konferensi internasional ini, informasi lebih lanjut dapat menghubungi ;

  1. Ameilia Zuliyanti Siregar (0822 7301 7027) – Publication
  2. Himma Dewiyana (0815 3380 7888) - Congress
  3. Sofi Ayu Fadillah (0822 7544 1622) - Registration
  4. Indarto (0811 265 459) - Booking Rooms & Ticketing

Seluruh paper/manuscript yang diterima akan dipublikasikan dalam prosiding Emerald and Atlantis Press terindex Scopus dan Thomson Reuters. (Humas)